Skip to main content

Cara Menghemat Kuota Internet

Internetan jadi terbatas karena kuota internet di smartphone Android mu boros? Perlu isi ulang pulsa atau paket data secara terus menerus? Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghemat kuota di HP Android kamu!

Tanpa jaringan WiFi, maka kita akan bergantung pada sisa paket data yang ada. Tapi baru saja aktif dipakai selama 5 – 10 menit, jumlah pemakaian data sudah melebihi batas wajar dan cenderung tidak masuk akal.
Untungnya bagi pengguna handphone Android, ada banyak sekali opsi, settingan hingga aplikasi untuk menghemat pemakaian kuota internet.

1. Batasi Data Aplikasi Di Balik Layar (Restrict Background Data)

Settings > Data Usage ~~ Pengaturan > Pengaturan Data
Dari Data Usage/Pengaturan Data, kita dapat melihat penggunaan data dalam kurun waktu tertentu (satu bulan) untuk setiap aplikasi, baik dari bawaan sistem Android atau App yang di download.
Disini kamu bisa membatasi pemakaian data background (memakai kuota internet di balik layar tanpa perlu harus membuka aplikasi) untuk aplikasi yang boros pemakaian datanya. Tekan pada aplikasi yang jarang dipakai namun memakai kuota dalam jumlah besar, dan centang “Restrict Background Data”.
Restrict Background Data cocok untuk aplikasi seperti game, aplikasi sosial media dan chatting yang tidak membutuhkan notifikasi dan aplikasi yang jarang dibuka atau hanya dibuka saat terhubung dengan jaringan WiFi saja.

2. Memasang Limit Kuota Internet Pada Data Seluler

Mobile Data/Data Seluler memungkinkan HP untuk mengakses Internet
Caranya masih sama seperti diatas namun tanpa perlu menekan salah satu aplikasi. Di sini kamu bisa membatasi sendiri pemakaian mobile data selama 1 bulan kedepan dengan cara meng-limit pemakaian kuota internet.
Saat pemakaian kuota melebihi batas yang telah ditentukan, maka secara otomatis kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pemakaian data telah lebih dari batas. Bahkan kamu juga bisa mengatur jika pemakaian telah melebihi batas, maka “Mobile Data” akan otomatis dimatikan.
Jika di handphone Android mu tidak ada pengaturan data atau aplikasi untuk membatasi pemakaian data seluler. Gunakan aplikasi My Data Manager untuk mengatur jumlah pemakaian kuota.

3. Matikan Sinkronisasi Untuk Semua Aplikasi

Settings > Account > Pilih Aplikasi
Opsi Sinkronisasi atau Sync merupakan fitur Google agar settingan dan aplikasi yang diinstall tercatat secara otomatis ketika kamu login/masuk ke akun Google. Fitur ini akan sangat membantu saat kamu beralih ke handphone Android baru.
Tanpa perlu mencari aplikasi dari awal, cukup akses Aplikasi Saya (My Apps & Game), kamu akan menemukan semua aplikasi yang terinstall di HP Android yang lama.
Fitur ini tidak begitu penting bagi sebagian pengguna dan menambah pemakaian kuota internet saat proses sinkronisasi terjadi. Matikan semua proses Sync dan cukup lakukan “Sync All” saat dibutuhkan atau dalam kurun beberapa waktu sekali.
Walau pemakaian datanya terbilang kecil, namun penghematan ini akan sangat bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang.

4. Browsing Dengan Google Chrome Data Saver

Google Chrome > Settings > Data Saver
Browsing situs berita, akses sosial media, membaca artikel bisa dihemat hingga 50% dengan menggunakan Data Saver Google Chrome.
Tampilan serta kualitas situs tetap dipertahankan sesuai aslinya namun kecepatan tampilan serta paket data yang digunakan jauh lebih ringan. Selain itu, aktivitas browsing juga terlindungi tanpa khawatir virus atau privasi yang diambil tanpa sepengetahuan.
Tidak hanya Google Chrome yang menawarkan pengaturan untuk menghemat pemakaian data. Banyak aplikasi-aplikasi ternama lainnya yang juga menawarkan pengaturan untuk mengurangi atau menghemat data.
Lakukan eksplorasi di pengaturan aplikasi setelah meng-download aplikasi baru untuk mengetahui adanya pengaturan hemat data internet.

5. Gunakan WiFi Saja Untuk Memperbaharui Aplikasi

Google Play Store > Settings > Auto-update Apps > Pilih WiFi Only
Tidak hanya sekedar mengupdate aplikasi, kamu juga bisa menggunakan WiFi khusus untuk aplikasi yang haus kuota internet dilihat dari pemakaian via Data Usage.
Aplikasi Youtube atau streaming lainnya sepatutnya kamu akses saat hanya terhubung ke jaringan WiFi. Begitu juga dengan aplikasi sharing gambar atau video seperti Instagram, Snapchat. Bahkan, jika ingin lebih hemat, mengirim gambar via chatting sebaiknya juga jangan saat Data Seluler aktif.

6. Buang Aplikasi-Aplikasi Yang Boros Kuota Internet

Settings > Applications > Application Manager > Aplikasi > Uninstall
Tidak semua aplikasi yang kamu inginkan memiliki takdir dengan Data Seluler atau Mobile Data. Ada saatnya dimana kita sebagai pengguna harus merelakan 1 – 2 aplikasi yang sangat boros pemakaian datanya.
Konsultasikan dengan Data Usage terlebih dahulu, apakah aplikasi yang paling boros kuota merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan, atau jarang-jarang namun menempati posisi teratas?
Jika kamu rajin bertukar email, baik pekerjaan atau tugas kuliah, maka sudah lumrah jika pemakaian data seluler cukup tinggi.
Trik lainnya adalah dengan mengunduh varian aplikasi yang lebih ringan seperti Facebook dengan Facebook Lite atau aplikasi chatting seperti Line, juga memiliki aplikasi versi simple yakni Line Lite. Kekurangannya adalah fitur atau tampilan yang dikorbankan untuk performa yang lebih tinggi.
Kamu juga dapat Mempercepat Koneksi Internet pada Android kalian agar Internetan kalian lebih seru & menyenangkan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Setting LAN jaringan Setting Server dan Client

Lan jar i nga n pe rl u disetting sedemikian rupa sehingga hasil yang diinginkan bisa maksima l. L a n ja ringan meng hubungk an komputer yang satu dengan yang lainnya dan dapat dikont rol dengan satu komputer server. Baik tidaknya atau kualitas yang dihasilkan tergantung bagaimana setting lan jaringan tersebut. Setting Server dan Client Setelah k omputer-komputer terhubung dalam satu bentuk topologi ( mis; Star ) maka kita siap melakukan pengaturan-pengaturan. Nyalakan PC Server (pastikan bahwa PC server telah terkoneksi ke Speedy Broadband). Koneksi Speedy ke server dilakukan oleh pegawai PT. Telkom atau bila kita ingin melakukannya sendiri, kita tinggal meminta nomor speedy+password, IP dan DNS dari Telkom setelah aplikasi permohonan berlangganan kita di terima (cari yang aman saja lah hehehe…) buka command prompt dari start menu – programs – accessories – command prompt. Ketik “ping http://www.google.com” tanpa tanda petik ya… Apabil

Daftar Harga Paket Jagoan Internet 3 Tri Bulan Januari 2017

Paket Internet Tri bisa dikatakan cukup merakyat dengan menawarkan salah satu paket internet termurah bernama Jagoan Internet dengan masa aktif panjang, namun tetap memiliki jumlah kuota data internet yang cukup banyak. Salah satu kelebihan dari kartu Tri jika dibandingkan dengan paket internet provide lain adalah masa aktif paket internet tersebut yang sangat lama yakni selama masa aktif kartu 24 jam. Jika pelanggan menggunakan paket Always On (AON) yang murah ini selama satu tahun dan membeli paket kuota++, maka masa paket kuota++ akan mengikuti masa AON dan terakumulasi secara terus menerus. Selain itu, Tri juga menyediakan paket jagoan internet dengan menggunakan voucher fisik yang harganya lebih murah dan memiliki bonus lainnya bahkan bisa sebuah flashdrive . Cukup menarik bukan? Nah bagi pembaca yang ingin mencoba atau mungkin sudah menjadi pelanggan kartu Tri, Gadgetren membuat daftar harga untuk jenis paket internet yang ditawarkan kartu Tri Jagoan Interne

APA ITU PROTOKOL JARINGAN??

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen. Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di Internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks.Untuk mendapatkan maklumat melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di Internet. Gopher merupakan protocol yang sudah lama dan saat ini sudah mulai di tinggalkan karena